Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2019): Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2019 - November 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sonbay Renny (Universitas Katolik Widya Mandira)
Rowa Yohana (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Open-Ended dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan segiempat di SMPN Kupang Tengah tahun ajaran2018/2019. Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas VII SMPN Kupang Tengah yang berjumlah 21 orang siswa yang dipilih secara acak dari 4 kelas yang tersedia.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes prestasi belajar matematika siswa sebayak 3 butir soal berbentuk isian.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil observasi,hasil wawancara,pencapaian indikator dan uji-t. Berdasarkan hasil observasi, hasil wawancara, dan pencapaian indikator, diperoleh prestasi belajar matematika siswa tergolong sangat baik. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukan t hitung = 10, 742dan t table = 2,085 pada taraf signifikani 5% yang berarti t hitung > t tabel , Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengunaan model pembelajaran Open-Ended terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...