Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal level HOTs, hasil kegiatan, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan. Metode menggunakan pelatihan. Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTs dilakukan dengan ceramah, kerja individu, kerja kelompok, presentasi, pembahasan, dan penguatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Hasil kegiatan menunjukkan masih rendahnya kemampuan guru dalam menulis soal HOTs, dari 84 peserta sebanyak 2 soal yang mencapai level HOTs, 2 peserta mencapai level MOTs, dan 80 lainnya masih berada pada level LOTs. Kendala yang dihadapi: (1) 1 instruktur membimbing 84 peserta sehingga tidak dapat maksimal memberikan pendampingan, (2) ruangan tidak kondusif, luas 40 M untuk 84 peserta, panas, (3) peserta tidak pernah menerapkan pembelajaran yang HOTs atau pembelajaran dengan tingkat pengetahuan metakognitif.
Copyrights © 2018