Tafhim Al-'Ilmi : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol. 7 No. 1 (2015): 10 Februari 2015

Pendidikan Islam dalam Tinjauan Filosofis

Ummi Kulsum (STIT AQIDAH USYMUNI)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2015

Abstract

Dalam pendidikan terdapat dasar-dasar filsafat keilmuan, yaitu ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Dalam aspek ontologis ilmu pengetahuan tertentu hendaknya ditelaah atau diuraikan secara metodis, sistematis, rasional, komprehensif, radikal, dan universal. Sedangkan dalam aspek epistemologis, ilmu pendidikan tidak hanya mengembangkan ilmu terapan melainkan menuju kepada telaah teori dan ilmu pendidikan sebagai ilmu otonom yang mempunyi objek formil sendiri atau problematika sendiri sekalipun tidak hanya menggunakan pendekatan kuantitatif atau eksperimental. Sementara dalam aspek aksiologis, dapat mempelajari manfaat apa yang diperoleh dari ilmu pengetahuan, menyelidiki hakikat nilai, etika, dan estetika. Misalnya dalam pendidikan  dengan adanya mata pelajaran ilmu sosial dan kewarganegaraan yang mengajarkan bagaimana etika atau sikap yang baik. AbstractIn education there are the philosophy of science basics, namely the ontological, epistemological, and axiological. In certain aspects of the ontological science should be studied or described in a methodical, systematic, rational, comprehensive, radical and universal. While the epistemological aspect, science education not only develop applied science; it leads to the study of the theory and science education as a science autonomous have a formal object itself or the problems themselves though are not only using quantitative or experimental approaches. While the axiological aspect, can learn what the benefits derived from science, investigating the nature of values, ethics, and aesthetics. For example in education with the subjects of social studies and civics that teach how ethic or good attitude.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tafhim

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Tafhim Al-‘ilmi merupakan jurnal ilmiah dengan terbitan berkala setiap enam bulan yang diterbitkan dengan menggunakan peer review. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil telaah pustaka dan penelitian yang telah dilakukan para akademisi dengan bidang kajian pendidikan dan pemikiran ...