JURNAL PIONIR
Vol 2, No 5 (2018): Juli-Desember

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA KERETA API EKONOMI PADA PT. KAI (PERSERO) KISARAN.

Hadi Suriono (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendiskripsikan pengaruh antara harga, promosi,dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa transportasi kereta api Putri Deli. Populasinyaadalah pengguna kereta api Putri Deli yang telah beberapa kali menggunakan jasa KA. Putri Deli Kisaran.Sedangkan sampelnya adalah pengguna jasa kereta api Putri Deli Kisaran sebanyak 125 responden,dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas,uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasilperhitungan menunjukkan bahwa variabel harga terhadap kepuasan konsumen adalah signifikan.Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel promosi terhadap kepuasan konsumenadalah signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel fasilitas terhadapkepuasan konsumen adalah signifikan.Berdasarkan hasil estimasi atau regresi, persamaan regresi dapat dirumuskan Y = 1,598 + 0,407 X1+ 0,089 X2 + 0,509X3thitung untuk variabel harga sebesar 6,993 sedangkan ttabel sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,000 <0,05.Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (6,993 > 1,979) hal ini menyatakan bahwa adapengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen.thitung untuk variabel promosi sebesar 2,061 sedangkan ttabel sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,041< 0,05.Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (2,061 > 1,979) hal ini menyatakan bahwa adapengaruh positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan konsumen.thitung untuk variabel fasilitas sebesar 7,892 sedangkan ttabel sebesar 1,979 dengan signifikansi 0,000< 0,05.Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (7,892 > 1,979) hal ini menyatakan bahwa adapengaruh positif dan signifikan fasilitas terhadap kepuasan konsumen.Nilai Fhitung = 127,619 > Ftabel = 2,68 dan sig = 0,000 < 0,05 ini berarti variabel independen harga,promosi, dan fasilitas secara simultan benar-benar berpengaruh signifikan terhadap variabel dependenkepuasan konsumenKata kunci : Harga, Promosi, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pionir

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang ...