Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh asesmen formatif dan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, setelah mengendalikan bakat numerik. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 186 siswa yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 X 2. Data hasil penelitian dianalisis dengan ANCOVA. Hasilnya, setelah mengendalikan bakat numerik, adalah sebagai berikut. Hasil belajar matematika yang mengikuti pendekatan kontekstual lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, hasil belajar matematika siswa yang diberikan asesmen kinerja lebih baik dari pada siswa yang diberikan asesmen konvensional. Lebih lanjut terjadi pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan bentuk asesmen formatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual lebih cocok diberikan asesmen kinerja, sedangkan untuk siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional lebih cocok diberikan asesmen konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada para guru SMP bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran dan penilaian formatif secara tepat dan benar.
Copyrights © 2016