Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan

STUDI KASUS SISWA YANG BEREKONOMI TINGGI TERHADAP KEMAUAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK KARYA BAKTI KECAMATAN SELESAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Tumiyem Tumiyem - (STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2019

Abstract

Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara terencana dan menyentuh aspek psikis siswa, sehingga tumbuh motivasi dan minat bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan meraih prestasi belajar yang tinggi, sebab prestasi belajar yang tinggi hanya akan diperoleh bilamana dilakukan aktivitas belajar yang serius dan bersungguh-sungguh. Siswa yang belajar dengan baik dan sungguh-sungguh tidak terlepas dari dorongan dari luar dirinya yaitu guru, orang tua, fasilitas dan sebagainya. Namun kemauan belajar juga muncul dari dalam diri siswa. Oleh karena itu seorang guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar harus mampu membangkitkan kemauan belajar siswa agar siswa benar-benar berhasil dalam pendidikan sehingga menjadi siswa yang berkualitas, kreatif, aktif dan mandiri.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui studi kasus siswa yang berekonomi tinggi terhadap kemauan belajar pada siswa kelas X SMK Karya Bakti Kecamatan Selesai  tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa, sedangkan yang menjadi sampel yaitu key informan sebanyak 3 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat status ekonomi tinggi di SMK Karya Bakti dari 32 siswa hanya 3 siswa yang tergolong berekonomi tinggi.  Tingginya ekonomi dapatr dilihat dari penghasilan yang diperoleh orang tua setiap bulannya. Siswa yang berekonomi tinggi memiliki kemauan belajar yang cukup baik dalam belajarnya. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor ekonomi yang menunjang kegiatan siswa dalam belajarnya. Status ekonomi siswa memiliki pengaruh terhadap kemauan belajar siswa dalam belajarnya di sekolah. Hal ini dapat dilhat dari pemenuhan kebutuhan siswa dalam belajarnya. Semakin baik pemenuhan kebutuhannya semakin baik pula belajarnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...