Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE (TPS) DAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Sri Zulhayana - (STKIP BUDIDAYA BINJAI)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP Swasta Melati. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah non equivalent group pre-test post-test design. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan uji homogenitas.Normalitas diuji dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan diperoleh  ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Swasta Melati Kec. Hamparan Perak Kab.Deli Serdang tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...