Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI BUMI SISWA KELAS X IPS-1 SMA NEGERI 5 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Suryati Suryati Suryati (SMA Negeri 5 Binjai)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar guru dan siswa pada  model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi, mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan  model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan instrumen penilaian berupa tes, lembar pengamatan, dan angket. Dari hasil tes formatif-1 diperoleh nilai rata-rata adalah 64,67. Dari hasil tes formatif-2 diperoleh nilai rata-rata adalah 75,21. Dari hasil tes formatif-3 diperoleh nilai rata-rata adalah 86,41. Dari Tes Hasil Belajar diperoleh 33 orang siswa yang tuntas atau 97,06%. Ketercapaian indikator tercapai dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari 4 indikator yang ditentukan dan tercapai untuk semua indikator tercapai lebih dari 75 %. Respon siswa terhadap Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation adalah sangat baik, secara umum siswa menyatakan sangat setuju dan setuju bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...