PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2019): Edisi April 2019

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

Desi Susanti (Universitas Batanghari)
Hasan Basri Said (Universitas Batanghari)
Relawati Relawati (Universitas Batanghari)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL )  lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Take and Give pada kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 105 siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 11 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan yang terambil adalah kelas VIII A dan VIII C, dimana kedua kelas sampel ini diberikan perlakuan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil post-test siswa yang menerapkan model pembelajaran Take and Give dengan model pembelajaran Problem based Learning pada pokok bahasan Aljabar. Dari hasil penelitian yang dilakukan skor rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 75,81 dengan simpangan baku 12,02 dan kelas kontrol rata-ratanya 69 dengan simpangan baku 10,13. Serta dari hasil uji hipotesisnya diperoleh t_hitung yaitu 2,18 dan t tabel yaitu 1,68 pada taraf nyata α yaitu 0,05. Dari hasil perhitungan itu terlihat bahwa t_hitung  lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan H1  diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  lebih baik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa daripada model pembelajaran Take and Give siswa kelas kelas VIII SMN 11 Kota Jambi. Kata kunci :Pemahaman Konsep Matematis ; Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Model Pembelajaran Take and Give

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...