Ranah kognitif dan afektif mahasiswa harus diperhatikan, salah satunya adalah hasil dan minat belajar matematika. Mahasiswa yang memiliki minat yang baik dalam pembelajaran, akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sehingga, antara sisi kognitif dan afektif dapat berjalan seimbang. Untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal antara minat dan hasil belajar mahasiswa, pembelajaran harus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi saat ini.Usaha yang dapat dilakukan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa adalah dengan memilih pendekatan pembelajaran yang baik. Minat dan hasil belajar mahasiswa dapat dioptimalkan jika dilakukan dengan pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah dengan pembelajaran mebggunakan pendekatan berbasis teknologi, yaitu pendekatan pembelajaran berbasis Edmodo. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar yang berbasis teknologi, yaitu pembelajaran dengan menggunakan Edmodo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap minat belajar dan hasil belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan designpretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini telah dilaksanakan di Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo Tahun 2019. Instrumen yang digunakan untuk mengukur minat belajar berupa angket minat belajar sebanyak 30 pernyataan, dan tes hasil belajar matematika siswa. Data di analisis dengan menggunakan uji analisis deskriptif dan uji analisis inferensial yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan dengan pembelajaran elearning berbasis edmodo terhadap hasil belajar serta minat berlajar mahasiswa. Kata kunci :Edmodo; Hasil Belajar; Minat Belajar
Copyrights © 2019