PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2019): Edisi Oktober 2019

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

Maryana Maryana (Universitas Batanghari)
Ayu Yarmayani (Universitas Batanghari)
Relawati Relawati (Universitas Batanghari)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Hal ini dikarenakan guru bidang studi matematikanya kurang maksimal dalam menerapkan model pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menerpakan model pembelajaran Cooperative Leaning Tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikiri kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Kota Jambi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) dengan  model Pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain The Randomized Posttest Only Control yang dilakukan terhadap 2 kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 3. Data penelitian diperoleh dengan memberikan postest kepada kedua kelas sampel. Setelah hasil postest diperoleh, data analisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uj-t. Rata-rata dan simpangan baku yang diperoleh kelas eksperimen adalah 74,3 dan 7,79 dan kelas kontrol adalah 66,1 dan 7.51. Dari analisis yang telah dilakukan terhadap postest dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) terdapat perbedaan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Kata Kunci : Berfikir kritis; Discovey Learning; Number Head Together (NHT)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...