Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018

PENGARUH SELF MONITORING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KOTA LANGSA

Yanti, Cut (Unknown)
Nuraida, Nuraida (Unknown)
Srimulyati, Srimulyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Self monitoring merupakan konsep yang berhubungan dengan konsep pengaturan kesan (impression management) atau konsep pengaturan diri. Self-efficacy merupakan keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mencapai suatu tujuan berdasarkan hasil yang ditentukan. Kemampuan self-efficacy yang dimaksud dalam penelitian ini  adalah keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika ketika menyelesaikan masalah yang diberikan, menjawab pertanyaan, dan memberikan tanggapan. untuk mengetahui pengaruh Self Monitoring terhadap kemampuan self efficacy siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah VIII SMP Negeri 6 Langsa yang sedang aktif belajar pada Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 (enam) kelas yang berjumlah 124 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kelas VIII.4 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes yang berupa angket dan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis data post-test kemampuan self efficacy matematika siswa diperoleh  dan   sehingga . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Self Monitoring terhadap kemampuan self efficacy siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...