Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL QALASADI

RELEVANSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN NILAI-NILAI AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA MATERI PECAHAN

Anggreni, Fenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Tujuan pendidikan matematika adalah terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku siswa yang mencakup terbentuknya pribadi yang bermoral dan memiliki kemampuan berfikir matematis yang berpijak pada pemikiran yang  logis dan sistematis. Berdasarkan tujuan pendiidkan matematika diharapkan siswa mengalami perubahan dari bidang akademik dan non akademik seperti moral siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran matematika yang direlevansikan dengan Al-Quran pada materi pecahan dan nilai-nilai karakter apa saja yang muncul dari penerapan pembelajaran matematika berbasis Al-Quran pada materi pecahan. Adapun metodologi penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTsN Aceh Tamiang. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran matematika pada materi pecahan  direlevansikan dengan ayat-ayat Al-Quran tentang warisan, pada surat An Nisa ayat 11, 12 dan 176, serta QS Al-Baqarah ayat 267 tentang zakat. Nilai-nilai karakter yang muncul pada penerapan pembelajaran matematika yang direlevansikan dengan pecahan yaitu tanggung jawab, adil dan peduli sosial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...