Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2019)

Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI 4 ATPH SMKN 4 Luwu

Susilawati Susilawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Muhammad Ilyas (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Fahrul Basir (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan Model Discovery Learning dengan dendekatan saintifik pada siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar adalah tes hasil belajar, data keterlaksanaan pembelajaran, data aktivitas siswa dan data respon siswa. Data hasil belajar dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial, sedangkan data aktivitas siswa dianalisis dengan presentase. Hipotesis dari penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar kognitif dan hasil belajar keterampilan matematika siswa setelah penerapan Discovery Learning dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika pada persamaan lingkaran siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu sebelum diterapkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berada pada kategori rendah. (2) Hasil belajar matematika pada persamaan lingkaran siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu sesudah diterapkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik berada pada kategori tinggi. (3) Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen selama diterapkan model discovery learning pada materi persamaan lingkaran menunjukkan bahwa semua aspek kategori pengamatan untuk aktivitas siswa pada setiap pertemuan terpenuhi. Secara umum aktivitas siswa yang diajar selama perlakuan 100% memenuhi kriteria waktu ideal, dan dikategorikan sebagai siswa aktif. (4) Respon siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu selama diterapkan model discovery learning pada materi persamaan lingkaran menunjukkan jika rata-rata respon siswa sebesar 3,74 berada pada kategori Positif. (5) Terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada materi persamaan lingkaran setelah diterapkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu, dengan rata-rata gain ternormalisasi 0,79 berada pada kategori tinggi. (6) Terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan pada materi persamaan lingkaran setelah diterapkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik siswa kelas XI ATPH SMKN 4 Luwu, dengan rata-rata gain ternormalisasi 0,80 berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...