GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2018)

Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on The Draw

Nurhafsari, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian kuasi eksperimen ini adalah mengkaji kemandirian belajar matematika siswa yang belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen perbandingan kelompok statik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala kemandirian belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...