Kajian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mencatat apa yang dilihat dan didengar secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan menggunakan informan delapan orang terdiri dari dosen dan mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknik Harapan Jalan H.M. Joni Medan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pola komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa sebenarnya sudah dapat dikatakan efektif, walaupun belum dapat dikatakan seluruhnya berjalan secara baik seperti yang diharapkan. Namun komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa masih terkendala adanya hambatan yang dihadapi masing-masing pihak sehingga komunikasi yang dijalankan terkadang belum tercapai dengan baik. Begitu pun masalah belajar yang dihadapi oleh mahasiswa pada umumnya sudah berkurang sehingga tujuan pendidikan untuk meraih prestasi mahasiswa dapat tercapai.
Copyrights © 2019