Persepsi : Communication Journal
Vol 2, No 1 (2019): MEI 2019

Komunikasi Nonverbal Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan

Sugiarno Sugiarno (SMP Muhammadiyah 13 Medan, Kota Medan)
Rahmanita Ginting (Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan komunikasi nonverbal guru berkaitan dengan kinesik, proksemik, dan paralinguistik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif  kualitatif, yaitu mendeskripsikan pendapat objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan mengenai komunikasi nonverbal guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan peneliti akan dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian dilakukan dari Februari 2015 sampai Maret 2016. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kinesik yang meliputi gesture, ekspresi wajah, kontak mata dan penampilan dari guru menunjukkan hal yang sangat penting dalam memperkuat informasi tentang pelajaran yang disampaikan guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PERSEPSI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific ...