AbstrakBandara Ahmad Yani Semarang adalah Bandar Udara Internasional yangterletak di kota Semarang dimana awalnya merupakan pangkalan udara TNI Angkatan Darat. Seiring dengan perkembangan konsep pelayanan yang semakin meluas, pengguna jasa penerbangan menginginkan layanan dapat dilakukan disegala bidang yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh perusahaan terkait.Sistem Penilaian Kualitas Layanan Toilet Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) ini bertujuan untuk menjaga loyalitas pelanggan dalam jangka panjang dengan cara memberikan kualitas layanan pada toilet berstandar internasional.Sistem ini dibuat untuk membantu pengguna toilet dalam melaporkan layanan toilet yang dianggap kurang memenuhi kebutuhan pengguna, sehingga petugas dapat mengetahui secara cepat layanan apa yang butuh perbenahan.Kata Kunci : Bandara Ahmad Yani, Layanan , Kualitas , CRM.
Copyrights © 2017