EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2013): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI

Sadewa, Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan TPS (Think Pair Share) pada pokok bahasan relasi dan fungsi kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen I dan siswa kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen II. Dengan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Analisis data menggunakan uji  dengan  menunjukkan  sehingga  ditolak. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe TPS.   Kata kunci: model pembelajaran, STAD, TPS, relasi

Copyrights © 2013