Abstrak   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar dan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada prestasi belajar dan kreativitas siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (2) Adakah perbedaan efek kedua pembelajaran terhadap prestasi dan kreativitas siswa. Dari perhitungan yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh 11=59,2 12=58,6 dan 21=68,1 22=65,8. Uji hipotesis tobs sebesar 2,085 lebih besar dari  ttabel sebesar 1,669 sehingga H0 ditolak artinya (1) prestasi belajar dan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Uji beda rataan multivariat menggunakan uji t multivariat menunjukkan Fobs = 3.18 lebih besar dari Ftabel = 3.13 maka H0 ditolak artinya (2) ada perbedaan efek model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar dan kreativitas siswa. Selanjutnya dilakukan uji univariat terpisah antara prestasi dan kreativitas, diperoleh tobs = 15,55 lebih besar dari  ttabel sebesar 1,99 untuk prestasi dan tobs sebesar 17,6 lebih besar dari  ttabel sebesar 1,99 untuk kreativitas maka kedua H0 ditolak. Artinya prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran tipe TGT berbeda dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran konvensional, selain itu kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran tipe TGT juga berbeda dengan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kata kunci: prestasi belajar, TGT, kreativitas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014