EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2014): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Riawan Yudi Purwoko, Alvi Rohmayati, Nila Kurniasih, (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar matematika dengan model AIR lebih baik daripada model Reciprocal Teaching; (2) apakah hasil belajar matematika dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif sedang maupun rendah; dan (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari Anava dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan ? = 0.05, menunjukkan: (1) Fobs = 5,51 > Ftabel = 4,00 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan model Reciprocal Teaching, dilihat dari rataan marginalnya bahwa model pembelajaran AIR lebih baik dari model Reciprocal Teaching; (2) Fobs = 5,57 > Ftabel = 3,23 maka H0 ditolak yang berarti tidak semua kemampuan berpikir kreatif memberikan efek yang sama terhadap hasil belajar siswa. Uji scheffe menunjukkan hasil belajar matematika untuk kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif sedang dan rendah. (3) Fobs = 0.98 < Ftabel = 3,23 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar matematika.   Kata kunci: model pembelajaran, AIR, reciprocal teaching, kemampuan berpikir kreatif

Copyrights © 2014