Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan kooperatif tipe talking stick dalam materi segitiga. Sebagai pembandingnya menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experimental research). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 30 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling kuota dan diambil dua kelas, yang masing-masing anggotanya adalah 32 siswa. Kelas pertama sebagai kelompok eksperimen dan kelas kedua sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes evaluasi prestasi belajar matematika. Uji prasarat analisis menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas, metode Bartlett untuk uji homogenitas serta uji keseimbangan dengan uji t. Dengan ? = 0,05. Dari hasil analisis data dengan uji t dan ? = 0,05 diperoleh , DK = {t|t < -1,669804 atau t > 1,669804}, maka ditolak. Karena rerata pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional yaitu 61,09 > 54,53, maka prestasi belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih baik dibanding prestasi belajar matematika dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif,talking stick, prestasi belajar matematika
Copyrights © 2014