EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2014): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI METODE TSTS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR

Riawan Yudi Purwoko, Samsul Ma?rif, Supriyono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2014

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) metode TSTS dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik daripada metode diskusi pada materi bangun datar atau tidak, (2) prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada aktivitas sedang dan rendah pada bangun datar atau tidak, (3) ada interaksi antara metode pembelajaran yang diberikan dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa atau tidak. Uji hipotesis yang digunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama dengan ?=5% menunjukkan (1) Fa = 0.00002 < 4.08 = Ftabel berarti metode TSTS tidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada metode diskusi, (2) Fb = 9.6979 > 3.23 = Ftabel berarti prestasi belajar matematika siswa yang aktivitasnya tinggi lebih baik daripada sedang dan rendah, (3) Fab = 0.4778 < 3.23 = Ftabel berarti tidak ada interaksi antara  metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Dari hasil komparasi ganda antar kolom diperoleh bahwa (1) siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang (F1-2 = 6.5844 >  6.46 = 2Ftabel), (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang tidak lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (F2-3 = 4.4147 > 6.46 = 2Ftabel), (3) siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (F1-3 = 16.167 >  6.4 = 2Ftabel).   Kata kunci: Metode Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Bangun Datar.

Copyrights © 2014