EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2014): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTU ICE BREAKER DAN PAKEM DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA N 1 KUTOWINANGUN TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Heru Kurniawan, Siti Nurhidayati, Nila Kurniasih, (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2014

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah: (1) apakah prestasi belajar matematika siswa dengan kompetensi komposisi fungsi dan invers fungsi dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu Ice Breaker lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan PAKEM, (2) apakah prestasi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar sedang. Apakah prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar.; Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental research. Dengan ?=5%, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika siswa dengan kompetensi komposisi  fungsi dan invers fungsi dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu Ice Breaker lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan PAKEM, (2) apakah prestasi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar sedang. Apakah prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar.   Kata kunci: Quantum Teaching, Ice Breaker, PAKEM, motivasi belajar, prestasi belajar  

Copyrights © 2014