EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 13, No 3 (2015): EKUIVALEN

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH DENGAN THE POWER OF TWO

Khasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kombinasi strategi pembelajaran Make A-Match dengan The Power of Two dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Adimulyo kelas VIID tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP N 1 Adimulyo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan rerata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi strategi pembelajaran Make A-Match dengan The Power Of Two dapat dikatakan bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa  kelas VIID SMP N 1 Adimulyo meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan ketika siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 67,37 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,2%. Selain itu prestasi belajar matematika siswa juga meningkat dari rerata nilai 67,78 dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,5% menjadi 76,41 dengan ketuntasan klasikal 81,25% pada siklus II. Jadi, kombinasi strategi pembelajaran Make A-Match dengan The Power Of Two dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika.   Kata kunci: keaktifan, prestasi, Make A-Match, The Power Of Two.

Copyrights © 2015