EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 14, No 2 (2015): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK JENIS SYNDICATE GROUP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Adi Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group dalam pokok bahasan kubus dan balok lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puring tahun ajaran 2013/2014. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Puring. Sampel berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksprimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen sebesar 84 dan kelas kontrol sebesar 77,375. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah pada materi  kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puring Tahun Ajaran 2014.   Kata kunci: Syndicate Group, prestasi belajar

Copyrights © 2015