Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui supervisi individual pendekatan kolaboratif  di SMA. Subjek  penelitian  ini  adalah  guru matematika pada SMA binaan di Baturaja yang berjumlah 6 orang, yaitu di SMA Negeri 3 OKU, SMA Negeri 5 OKU, dan SMA Sentosa Bhakti Baturaja, yang masing-masing dari sekolah diambil 2 orang guru. Penelitian tindakan sekolah ini berlangsung selama tiga bulan, yaitu Juli s.d. September  2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Prosedur  penelitian ini mencakup tahap-tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: wawancara,  observasi, dan diskusi.  Berdasarkan analisis data diperolah petunjuk bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru matematika dalam menyusun RPP dengan menggunakan supervisi individual pendekatan kolaboratif pada SMA binaan di Baturaja. Oleh karena itu, supervisi individual pendekatan kolaboratif dapat digunakan sebagai alternatif bagi pengawas akademik matematika untuk meningkatkan kemampuan guru matemátika dalam menyusun RPP di SMA.   Kata kunci: kemampuan guru, menyusun RPP, supervisi individual pendekatan                        kolaboratif  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015