EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 17, No 1 (2015): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) MATERI HIMPUNAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBAL KABUPATEN KEBUMEN

Waluyo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP  Negeri 2 Ambal tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 260 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 29 siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji bartlett untuk uji homogenitas dan Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-student Dengan  = 0,05. Dari data prestasi belajar tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dengan  diperoleh kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji . Dengan  menunjukkan  sehingga  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD.   Kata kunci: TAI, STAD, prestasi belajarTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP  Negeri 2 Ambal tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 260 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 29 siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji bartlett untuk uji homogenitas dan Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-student Dengan  = 0,05. Dari data prestasi belajar tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dengan  diperoleh kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji . Dengan  menunjukkan  sehingga  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD.   Kata kunci: TAI, STAD, prestasi belajar

Copyrights © 2015