EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 18, No 1 (2015): EKUIVALEN

PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KEBUMEN

Mulyaningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika dan besar pengaruhnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII sebanyak 192 siswa dan diambil sampel 2 kelas yaitu kelas VII-C dan VII-E sebanyak 62 siswa menggunakan teknik simpel random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data tentang aktivitas belajar siswa dan tes untuk memperoleh data pemahaman konsep matematika yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data awal menggunakan uji keseimbangan dengan data nilai ulangan tengah semester 1 (UTS) dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Analisis data akhir menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015.   Kata kunci: aktivitas belajar, pemahaman konsep, matematika  

Copyrights © 2015