EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 18, No 3 (2015): EKUIVALEN

RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM DALAM SOAL UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA SD TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Kusumaningrum, Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ranah kognitif taksonomi Bloom dan Standar kompetensi Lulusan  pada setiap  soal ujian sekolah matematika Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil temuan dari penelitian ini yaitu satu soal (2,5%) memiliki tipe C1/ pengetahuan; delapan belas soal (45%) memiliki tipe C2/ pemahaman;  dua puluh satu soal (52,5%) memiliki tipe C3/ aplikasi. Akumulasi standar kompetensi berturut-turut pada materi bilangan, bilangan pecahan, bilangan bulat, pengukuran,faktor dan kelipatan, bangun datar, bangun ruang, dan pengolahan data adalah 2,5%; 7,5%; 7,5%; 7,5%; 15%; 17,5%; dan 25%.   Kata kunci: Ranah Kognitif taksonomi Bloom, Standar Kompetensi Lulusan

Copyrights © 2015