Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik daripada menggunakan model Reciprocal Teaching pada materi aritmatika sosial. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran matematika. Populasi penelitian yaitu kelas VII SMP N 26 Purworejo. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian telah diujicobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis uji hipotesis akhir menggunakan uji-t dengan . Dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai  sebesar 1,6707 dan nilai  sebesar 2,3733. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP N 26 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Cooperative Script, Reciprocal Teaching, prestasi belajar, aritmatika sosial
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016