Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi TPS berbantu soal Superitem lebih baik daripada PairĀ  Check. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Think Pair Share (TPS) berbantu soal Superitem dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Pair Check. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrument berupa tes prestasi belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran TPS berbantu soal Superitem lebih baik daripada Pair Chek.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016