Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasibelajardan prestasi belajar matematika dengan model pembelajarankooperatiftipe TPS padasiswa kelas VIIIC MTs Miftahul Huda MangunrananMirit tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakanadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIIIC.Instrumen yang digunakanadalahlembarobservasi, lembarangket, dantes.Teknik pengumpulan data dengan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk lembar angket dilakukan dengan menentukan persentase pencapaian indikator motivasi sedangkan untuk prestasi belajar matematika dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajarankooperatiftipe TPS dapatmeningkatkanmotivasidan prestasi belajar matematikapadasiswakelas VIIIC. Peningkatanhasil rata-rata persentase lembar angket motivasi belajar matematikadari siklus Idalamkriteriasedangdan pada siklus IImenjaditinggi. Selain itu nilai rata-rata prestasi belajar matematika meningkatdari69% menjadi 77%. Kata kunci:Motivasibelajar, prestasibelajar, model pembelajarankooperatiftipeTPS
Copyrights © 2016