Tujuan penelitian ini untuk membandingkan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dan TAI kelas VIII SMP N 1 Poncowarno tahun ajaran 2015/2016 pada materi Teorema Pythagoras. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Poncowarno tahun ajaran 2015/2016, dengan kelas VIII D (Eksperimen I) dan kelas VIII E (eksperimen II). Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen dan tes prestasi belajar berupa pilihan ganda yang sebelumnya telah diuji validitas dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus K-R.20. uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk homogenitas variansi. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t yang diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SAVI menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP N1 Poncowarno. Kata kunci: prestasi belajar matematika, SAVI, TAI, teorema pythagoras
Copyrights © 2016