Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP di Kecamatan Bayan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 orang dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Data analisis menggunakan korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat hubungan positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika; (3) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (4) motivasi belajar dan tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika ; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (6) tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (7) motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yaitu tetapi tidak signifikan. Kata kunci: motivasi belajar, tingkah laku, lingkungan keluarga dan prestasi belajar matematika
Copyrights © 2016