EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 23, No 2 (2016): EKUIVALEN

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR, TINGKAH LAKU DA¬¬N LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN BAYAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Khotijah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP di Keca­matan Bayan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 orang dengan meng­gunakan tek­­nik propotionate random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­­to­de angket dan tes. Data analisis mengguna­kan korelasi dan re­gre­­si. Ha­­sil penelitian me­nunjukkan bahwa tedapat hubungan positif dan signifikan antara: (1) mo­tivasi belajar ter­­hadap prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) tingkah laku ter­hadap prestasi be­lajar matematika; (3) lingkungan ke­­luarga terhadap prestasi belajar matematika; (4) mo­­tivasi belajar dan tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika ; (5) motivasi be­lajar dan lingkungan keluarga terhadap pres­tasi belajar ma­te­matika; (6) tingkah laku dan ling­kung­an keluarga ter­­hadap prestasi belajar matematika; (7) mo­­ti­vasi be­lajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mate­ma­tika yaitu tetapi tidak sig­nifikan.   Kata kunci: motivasi belajar, tingkah laku, lingkungan keluarga dan prestasi  belajar matematika

Copyrights © 2016