EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 23, No 2 (2016): EKUIVALEN

EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN MATHEMATIC MISSOURI PROJECT (MMP) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN KONSEP

Natalia, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok dapat memberikan kemandirian dan pemahaman konsep yang lebih baik daripada metode ekspositori, (2) jika model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik, maka penerapan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing efektif terhadap pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat dan uji efektifitas menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok memberikan kemandirian belajar matematika dan pemahaman konsep siswa yang lebih baik daripada kemandirian belajar matematika dan pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran ekspositori, (2) Penggunaan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing tidak efektif.   Kata kunci: model pembelajaran, Mathematic Missouri Project (MMP), metode penemuan terbimbing, kemandirian, pemahaman konsep siswa

Copyrights © 2016