EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 27, No 1 (2017): EKUIVALEN

KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Khotimah, Khotimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antar kompetensi keahlian yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Tata Niaga kelas X, XI, dan XII di SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif dengan metode komparatif k sampel, populasi penelitian yakni semua siswa SMK Negeri 1 Karanganyar sebanyak 1141 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionatestratifiedrandom sampling diambil sebanyak 270 siswa menggunakan tabel Isaac dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi menggunakan rapor semester ganjil. Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Statistik Nonparametrik yaitu Analisis Varians Satu Jalan Kruskal-Walls. Hasil pengolahan data diperoleh harga Hhitung= 40,7656dan tabel = 5,991; karena Hhitung > tabel maka H0 ditolak dan Haditerima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang signifikan ditinjau dari kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017.   Kata kunci: prestasi belajar, matematika, kompetensi keahlian

Copyrights © 2017