EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 27, No 2 (2017): EKUIVALEN

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAMBAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Rahayu, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2017

Abstract

Pengembangan Multimedia Gambar Matematika Berbasis Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia gambar matematika berbasis realistik sebagai sumber belajar untuk siswa SD, menggunakan model penelitian dan pengembangan. Penelitian dilaksanakan di SDN Sumbersari, Banyuurip, Purworejo. Langkah pengembangan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, (3) uji lapangan. Instrumen yang digunakan angket dan lembar observasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil validasi ahli materi dari aspek pembelajaran dan materi termasuk kategori baik (rerata 4,20 dan 4,10); validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan dan media termasuk kategori baik (rerata 4,20 dan 4,10); hasil ujicoba lapangan menunjukkan bahwa aspek pembelajaran, materi dan media  termasuk kategori sangat baik (rerata 4,73; 4,78; 4,79). Perolehan presentase respon siswa terhadap multimedia gambar sebesar 90,48% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka multimedia gambar matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa Sekolah Dasar.   Kata kunci: pengembangan, multimedia gambar, realistik

Copyrights © 2017