EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 29, No 01 (2017): EKUIVALEN

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII A MTS KHR ILYAS BULUSPESANTREN

Setiyono, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs KHR Ilyas Buluspesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian pada siklus I persentase pemahaman konsep sebesar 69,23% dalam kategori cukup. Sedangkan prestasi belajar matematika sebesar 73,07% dalam kategori cukup dan siklus II persentase pemahaman konsep meningkat menjadi 76,92% dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II prestasi belajar matematika meningkat menjadi 80,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs KHR Ilyas Buluspesanten 2016/2017. Kata kunci: pemahaman konsep, prestasi belajar matematika, think-talk-write

Copyrights © 2017