EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 34, No 1 (2018): EKUIVALEN

PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII

Masro?ah, 'Izzatul (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Budiyono, Budiyono (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (assosiatif) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Pengambilan da­ta menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif dimana  dan thitung = 6,10 (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif dimana  dan thitung = 6,33 (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman dimana  dan thitung = 13,19 (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama terhadap  hasil belajar kognitif dimana  dan Fhitung = 21,47. Kata kunci: kemampuan metakognitif, kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar kognitif.

Copyrights © 2018