Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh aktifitas siswa terhadap prestasi belajardalam kompetensi menggunakan alat ukur, (2) pengaruh kreatifitas siswa terhadap prestasibelajar dalam kompetensi menggunakan alat ukur, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadapprestasi belajar dalam kompetensi menggunakan alat ukur, (4) mengetahui secara serentakpengaruh aktifitas, kreatifitas, dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kompetensimenggunakan alat ukur siswa kelas X SMK Institut Indonesia Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalahex post facto dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian inidilaksanakan di SMK Institut Indonesia Kutoarjo Jalan Tentara Pelajar 15 a Kutoarjo, Purworejo.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 214 siswa terdiri dari 6 kelas X Teknik Kendaraan Ringan diSMK Institut Indonesia Kutoarjo. Sampel berjumlah 131 siswa dengan teknik Simple RandomSampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yangdiperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil perhitungan secara serentakdiperoleh Fhitung adalah sebesar 20,850 (p=0,000). Nilai F tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df1 = 3 dan df 2 = 127 adalah 2,676. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (20,850>2,676)dan p<0,05 (0,000<0,05) menunjukkan bahwa hipotesis keempat yang berbunyi ada pengaruhpositif antara aktifitas, kreatifitas, dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar dalamkompetensi menggunakan alat ukur pada siswa kelas X SMK Institut Indonesia Kutoarjo diterima.Kata kunci: Aktifitas siswa, Kreatifitas siswa, Motivasi belajar siswa, Prestasi belajar alat ukur.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015