Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK MuhammadiyahPurwodadi pada siswa kelas XI TKR II melalui pembelajaran Quantum Teaching. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR II SMK Muhammdiyah Purwodadi yangberjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data denganmenggunakan metode tes, yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest danlembar postest .Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase danrerata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dalam materisistem rem. Rata-rata nilai siswa sebelum memanfaatkan metode quantum teachingadalah 72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Rata-rata nilai siswa setelahmemanfaatkan metode quantum teaching siklus I meningkat menjadi 77 denganketuntasan klasikal sebesar 75% dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 88dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini menunjukan adanya peningkatanprestasi belajar sistem rem siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Quantumteaching.Kata kunci: prestasi belajar, model pembelajaran Quantum teaching
Copyrights © 2015