Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) persepsi bengkelumum sepeda motor terhadap prinsip modifikasi, (2) kompetensi modifikasisepeda motor, (3) sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk modifikasisepeda motor dan (4) model pembelajaran yang relevan untuk pembelajaranmatakuliah Modifikasi Sepeda Motor di jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FTUNY. Metode penelitian ini adalah survey. Instrumen penelitian berupa lembarobservasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkanbahwa sebagian besar (70%) responden tidak mengetahui UU dan PP mengenaimodifikasi kendaraan. Kompetensi dalam Modifikasi Sepeda Motor adalah (1)kompetensi penggunaan alat ukur presisi; (2) menggunakan Mesin produksi; (3)pengelasan (listrik dan gas); (4) pengecatan (penggunaan pen brush/air brush);(5)Bending plat dan pipa; (6) kompetensi membaca diagram kelistrikan; (7)pengukuran komponen sistem kelistrikan. Berdasarkan komparasi denganperalatan di bengkel modifikasi, diketahui bahwa sarana pembelajaran dibengkel jurusan Pendidikan Teknik Otomotif masih belum siap, karena masihbelum relevan dengan peralatan modifikasi sepeda motor. Model pembelajaranProblem Base Learning (PBL), Reverse Engineering dan Project Based Leasrningadalah model yang relevan dengan pola modifikasi sepeda motor.Kata kunci: modifikasi sepeda motor, kompetensi, peralatan modifikasi, modelpembelajaran
Copyrights © 2017