Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO SISTEM KOPLING MOBIL PADA MATA KULIAH SISTEM PEMINDAH TENAGA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Wahyu Hidayat (Unknown)
Arif Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran sistem pemindah tenaga pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video sistem kopling mobil pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, 3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio video sistem kopling mobil pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan 4) untuk mengetahui motivasi mahasiswa terhadap media pembelajaran audio video sistem kopling mobil pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo semester IV tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.Hasil penelitian dapat disimpilkan sebagai berikut : 1) Dari bentuk keseluruhan media yang sudah disesuaikan, dan beberapa uji coba dilakukan peneliti salah satunya dengan mengisi angket yang berisi 15 butir soal, pada kelompok kecil mengahasilkan 77% dan kelompok besar 86%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat layak untuk digunakan dalam pembelajaran mahasiswa, 2) Data yang didapat dari pengisian angket terdapat selisih 31%, dengan data hasil pengisian angket kelompok eksperimen 83%, dan kelompok kelas kontrol 52%. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa media audio video sistem kopling mobil dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, 3) Hasil dari angket dan t hitung dengan standar t tabel dapat diamati bahwa ada perbedaan dari rata-rata angket yang diisi mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang didapat dengan standar t tabel 1,645 dan menghasilkan t hitung sebesar 7,19. Data ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang digunakan cukup efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran maupun pengembangan media lebih lanjut di masa depan.Kata kunci : Media pembelajaran, audio video, sistem kopling, motivasi belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...