ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana KesiapanKompetensi Mengajar Mahasiswa PPL Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah Purworejo di SMA Negeri 1 Kutowinangun Tahun2016 yang meliputi: penguasaan bahan/materi pelajaran, pengelolaan kelas,penggunaan media pembelajaran, dan cara mengevaluasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang telah menerimaproses belajar mengajar dari mahasiswa PPL Fakultas Keguruan Dan IlmuPendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Karena keterbatasan dana,tenaga, dan waktu, maka peneliti menggunakan sampel yang diambil daripopulasi dengan menggunakan cara Nomogram Harry King dengan tarafkesalahan 5%. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalampenelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling, karenapopulasinya berstrata kelas satu, dua, dan tiga. Teknik pengambilan data denganmenggunakan metode angket dan untuk analisis datanya dengan metodestatistik deskriptif.Dari hasil penelitian diperoleh tanggapan siswa terhadap kompetensiyang dimiliki 12 mahasiswa PPL yang mempunyai kompetensi penguasaan bahanatau materi yang dinilai sangat baik 17,77 % ; baik 78,81 % ; dan cukup baik 7,40%. Tanggapan siswa terhadap kompetensi dalam kompetensi pengelolaan kelassecara umum mendapatkan penilaian yang baik.Tanggapan siswa terhadapkompetensi dalam penggunaan media pembelajaran yang dinilai sangat baik11,85 % ; baik 62,96 % dan cukup baik 25,19 %. Tanggapan siswa terhadapkompetensi dalam mengevaluasi yang dinilai sangat baik 30,37 %; baik 57,78 %dan cukup baik 11,85 %. Dari hasil tanggapan responden tidak terdapatresponden yang menyatakan dalam kategori kurang baik pada keempat aspekindikator yang peneliti lakukan.Kata kunci : Kompetensi, Mengajar, Mahasiswa PPL
Copyrights © 2017