Penelitian ini bertujuan 1)mengetahui prosedur pengembanagan media pembelajaran sistem kelistrikan bodi sepeda motor. 2)bagaimana kelayakan media pembelajaran sistem kelistrikan bodi sepeda motor terhadap kegiatan pembelajaran. dan 3)pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga sistem kelistrikan bodi sepeda motor terhadap minat belajar siswa Sekolah Pancasila 1 Kutoarjo .Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah siswa 2 kelas B Sekolah Pancasila 1 Kutoarjo yang bejumlah 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan bodi sepeda motor meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran sistem kelistrikan bodi sepeda motor layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata ? rata 90,00. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata ? rata 85,00. Media telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata ? rata 3,43 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata ? rata 3,13 yang meliputi 15 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan motivas belajar siswa melalui uji normalitas diperoleh p = 0.200, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,116 dengan p = 0.736, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.522 dengan p = 0,0736 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata ? rata kelas eksperimen 83,00 dan nilai rata ? rata kelas kontrol 88,50.Kata Kunci : Media Pembelajaran, sistem kelistrikan bodi sepeda motorsepeda motor, Minat Belajar
Copyrights © 2019