Tujuan penelitian ini 1) Bagaimana proses penerapan aplikasi kehadiran Sisfokol digunakan di SMK Islam Secang, 2) Bagaimana tahap penerapan aplikasi kehadiran Sisfokol digunakan di SMK Islam Secang, 3) Bagaimana respon penggunaan aplikasi kehadiran Sisfokol digunakan di SMK Islam Secang, 4) Seberapa besar peningkatan kedisiplinan siswa setelah penerapan aplikasi kehadiran Sisfokol digunakan di SMK Islam Secang.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan media aplikasi media penunjang pembelajaran dengan metode 4-D. Sampel penelitian yaitu kelas XI TKR A sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan kumpulan referensi materi antara guru dengan siswa dan penyusunan instrument dan pembangan media.Hasil penerapan aplikasi Absensi Online Sisfokol Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI TKR A SMK Islam Secang siswa hanya memasukan pin absen pada komputer atau perangkat lain yang terhubung jaringan lokal sekolah secara bersamaan data waktu kehadiran semua siswa terekam dan terekapitulasi secara langsung maksimal dalam hitungan detik wali kelas dapat mengetahui anak didiknya yang memerlukan penanganan, sehingga wali kelas dapat secara langsung memberi motivasi dan bimbingan kepada siswa yang tidak disiplin sesuai dengan rekapitulasi yang dilakukan oleh aplikasi sisfokol.Kata kunci : Aplikasi Absensi Online, Sisfokol, Hasil penerapan
Copyrights © 2019