Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING AIR SUSPENSION PADA SEPEDA MOTOR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Hermawanto, Eko (Unknown)
Primartadi, Aci (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui prosedur pembuatan media pembelajaran Cutting Air Suspension pada Sepeda Motor untuk Meningkatkan Minat Belajar di Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Cutting Air Suspension pada Sepeda Motor untuk Meningkatkan Minat Belajar Universitas Muhammadiyah Purworejo 3) Mengetahui pengaruh penggunaan Cutting Air Suspension pada sepeda motor untuk meningkatkan minat belajar di Universitas Muhammadiyah Purworejo.Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu semester 5 kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket).Hasil penelitian, menunjukkan: 1) prosedur pengembangan media pembelajaran Cutting Air Suspension meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, pengujian produk, revisi produk dan pemakaian produk. 2) media pembelajaran Cutting Air Suspension yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah sistem kemudi, rem dan Suspension, di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan minat belajar (thitung = -5,247 dan p = 0,000) mahasiswa semester 5 Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 86.50% yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 88.00% yang meliputi 25 mahasiswa. Dengan demikian media pembelajaran system cutting air suspension telah berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar, Cutting Air Suspension

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...