ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Vol 2, No 1 (2013): ADITYA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI EKSPOSITORIS BERBAHASA JAWA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VII MTs DARUSSA’ADAH KRITIG PETANAHAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Panggih Cahyani (universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi Ekspositoris berbahasa Jawa dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf  narasi Ekspositoris dengan media gambar berseri. Penelitian ini menekankan pada: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan media gambar berseri pada siswa kelas VII MTs Darussa’adah; (2) pengaruh pembelajaran menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan media gambar berseri terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Darussa’adah; (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa siswa kelas VII MTs Darussa’adah Kritig Petanahan Kebumen setelah memperoleh pembelajaran dengan media gambar berseri. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus I, siklus II.  Hasil penelitian ini terus meningkat dari siklus I ke siklus berikutnya. Kriteria Ketuntasan Minimal disekolah tersebut untuk mata pelajaran bahasa Jawa adalah 65, dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kegiatan prasiklus ada 6 siswa yang nilainya sudah mencapai KKM, ada 27 siswa yang masih dibawah batas KKM dan nilai rata-rata kelas hanya 60. Pada siklus I ada 12 siswa yang nilainya sudah mencapai batas, ada 21 siswa yang masih dibawah batas KKM dan nilai rata-rata kelas 65. Pada siklus II hasil keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan yang signifikan semua siswa nilainya sudah mencapai batas nilai KKM, nilai rata-rata kelas mencapai 77.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

aditya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ...