ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Vol 2, No 2 (2013): ADITYA

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA CERKAK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

He ni (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
02 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) langkah-langkah  pembelajaran memahami wacana cerkak pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Adimulyo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (2) peningkatan hasil belajar kemampuan memahami wacana cerkak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Adimulyo; (3) motivasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Adimulyo terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran pemahaman wacana cerkak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Adimulyo. Objek penelitian ini adalah kemampuan memahami cerkak pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Adimulyo. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap pra siklus ke siklus I meningkat 26,6%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10%, dan dari pra siklus ke siklus II meningkat 36,6%.  (2) hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki ketuntasan 11,1% dengan nilai rata-rata sebesar 48. Pada siklus I memiliki ketuntasan 66,7% dengan nilai rata-rata 71,8. Pada siklus II memiliki ketuntasan 86,1%, dengan nilai rata-rata sebesar 84,08. Dengan begitu antara pra siklus dengan siklus I mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 55,6%. Kemudian pra siklus dengan siklus II meningkat sebesar 75%. Peningkatan ketuntasan siklus I dengan siklus II sebesar 19,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran memahami wacana cerkak dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa siswa termotivasi dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini terlihat dari tahap siklus I diperoleh skor gabungan 3,8 sedangkan siklus II skor gabungan diperoleh 4,04.   Kata kunci: pemahaman cerkak, pembelajaran Jigsaw

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

aditya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ...